BAHASA PEMERSATU BANGSA DAN SASTRA MENGUBAH PERILAKU MANUSIA

DENGAN SEPENUH HATI SESARAT HORMAT

SELAMAT DATANG DI BLOG BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

WAHANA EDUKASI, INFORMASI, MEMBUKA CAKRAWALA LEWAT BAHASA DAN SASTRA

SEMOGA KITA BISA LEBIH BERMAKNA

Dasiman Adnan

Senin, 06 Oktober 2014

Strategi Pembelajaran

PENDEKATAN, METODE, TEKNIK, STRATEGI, MODEL, DAN KIAT PEMBELAJARAN
Dasiman dari Prof. Dandan

Konsep dasar seperti pendekatan, metode, teknik, strategi atau kiat dalam pembelajaran sewajibnya di kuasai benar oleh siapa pun yang telah mendapatkan pendidikan dari LPTK. Sebagai guru atau dosen strategi dan model pembelajaran,pendekatan yang aksiomatis (dapat diterima sebagai kebenaran tanpa suatu pembuktian), metode yang prosedural, dan teknik yang kondisiosituasional wajib untuk dikuasai.Oleh karena itu guru atau  dosen strategi dan model pembelajaran perlu menyamkan persepsi terkait pendekatan, metodologi dan beragam teknik.
                                                                         Strategi 
Strategi pembelajaran lebih berfungsi luas dan umum. Dapat diterapkan untuk berbagai mata pelajaran dari pada model pembelajaran yang terfokus khusus dan operasional, berlaku untuk mata pelajaran tertentu bahkan pokok bahasan tertentu.
                                                                       Pendekatan
Pendekatan pembelajaran merupakan pendirian, sikap, pikiran dasar, dan kesepakatan yang filosofis dalam upaya mencapai tujuan instruksional. Pendekatan berada pada tataran aksiomatis, seperti pendekatan humanistik, behavioristik, komunikatif, kontekstual, sistem, dan konstruktivistik
                                                                          Metode
Metode pembelajaran merupakan prosedur yang perlu ditempuh dari  tahap ke tahap yang berprerekuisit untuk mencapai tujuan tertentu, seperti  metode penelitian, karyawisata, dan demonstrasi, jelas urutan langkah-langkahnya dirancang dengan seksama.
                                                                          Teknik
Teknik dalam pembelajaran merupakan keperluan melakukan sesuatu yang tidak dirancang, bergantung pada situasi dan kondisi, seperti penjelasan, bertanya, demonstrasi, peragaan dalam rangka pembelajaran model tertentu.
                                                                          Kiat
Kiat mengajar sering diartikan seni mengajar . Kiat merupakan kemampuan khusus dan ciri khas seseorang dalam mengatasi sesuatu, termasuk dalam mengajar. Kiat mengajar merupakan inovasi khusus seseorang dalam memanfaatkan modal internal dan peluang eksternal secara kreatif. Misalnya memanfaatkan suaranya yang khas, kemampuan merespon, perhatian, kemampuan mengatur bicara dan emosinya, memanfaatkan pengalaman khusus yang jarang dimiliki orang, dan/atau memanfaatkan lingkungan secara kreatif.
                                                              Dasiman, 1 Maret 2010